Cara Ampuh Menghilangkan Semut Rangrang

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, ternyata keberadaan semut sering membuat kegiatan keluarga menjadi terganggu. Apalagi jika di setiap sudut rumah terkadang ditemukan semut beserta sarangnya yang bisa mengerubungi makanan atau minuman di sekitarnya.

Salah satu jenis semut yang cukup berbahaya adalah semut rangrang, karena gigitan semut ini dapat menimbulkan rasa gatal dan kemerahan. Oleh sebab itu, semut rangrang perlu dihilangkan supaya tidak membahayakan si Kecil yang tengah bermain atau makan.

1. Gunakan buah mengkudu busuk

Mengkudu merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki aroma sangat khas. Nah, ternyata aroma yang dimiliki buah mengkudu ini menjadi musuh alami semut rangrang lho, Ma.

Maka dari itu, buah mengkudu bisa dijadikan bahan untuk mengusir semut rangrang di rumah. Namun, agar semut rangrang bisa menghilang secara maksimal, disarankan untuk menggunakan buah mengkudu yang sudah busuk.

Hal yang perlu Mama lakukan untuk menghilangkan semut rangrang menggunakan buah mengkudu busuk yakni menghaluskan buah mengkudu busuk, peras airnya dan campurkan dengan sedikit air. Komposisi yang digunakan adalah 1 kg buah mengkudu busuk dan 5 liter air. Setelah perasan mengkudu yang sudah dicampurkan sedikit air siap, masukkan ke dalam botol semprot, lalu semprotkan ke tempat-tempat yang dilalui oleh semut rangrang, seperti pohon.

2. Lemon mampu atasi semut rangrang

Buah asam yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai cara menghilangkan semut rangrang lho, Ma. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang tidak disukai semut, sehingga bisa dijadikan cairan insektisida alami. Caranya mudah, hanya dengan memasukkan perasan lemon ke dalam botol semprot, lalu semprotkan perasan lemon tersebut ke celah pintu atau jendela yang dilalui semut rangrang.

3. Abu kayu juga mampu hilangkan semut

Selain menggunakan buah-buahan, semut rangrang juga bisa dihilangkan dengan abu kayu lho, Ma. Abu kayu ini bisa Mama peroleh dari sisa pembakaran kayu, dan tak perlu khawatir karena penggunaan abu kayu untuk menghilagkan semut rangrang cukup praktis dan aman. Namun, Mama perlu menggunakan masker jika ingin menaruh abu kayu ke sarang semut rangrang tersebut agar abunya tidak terhirup.

4. Tembakau dapat menghilangkan semut rangrang

Jika biasanya tembakau dikenal sebagai bahan pembuatan rokok, ternyata tumbuhan ini bisa menjadi cara dalam menghilangkan semut rangrang. Caranya, ambil segenggam tembakau dan campurkan dengan 2-3 liter air, lalu aduk tembakau dan air hingga warna air menjadi kecokelatan. Setelah itu, siramkan larutan tembakau ini ke tempat-tempat yang sering dilewati semut rangrang.

5. Kayu manis punya aroma yang tidak disukai semut

Cara selanjutnya, Mama bisa menggunakan kayu manis. Aroma khas yang dimiliki kayu manis rupanya tidak disukai semut dan akan dijauhi oleh serangga kecil satu ini. Jika Mama berencana menggunakan kayu manis sebagai cara menghilangkan semut rangrang, Mama bisa taruh beberapa batang kayu manis di sekitar tempat yang dilalui semut rangrang. Selain itu, Mama juga bisa menumbuk batang kayu manis yang akan menghasilkan aroma lebih kuat, lalu tempatkan bubuk kayu manis di wadah kecil dan taruh di sumber makanan.

Itulah beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk menghilangkan semut rangrang, sehingga terhindar dari gigitannya.

Sumber: www.popmama.com

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required